--> Skip to main content

Cara Membuat Berbagai Bentuk Soal di Google Form

 Cara membuat berbagai bentuk soal di google form



Selamat datang dan salam jumpa kembali bersama saya di blog yang menyajikan berbagai literasi sebagai referensi dan tutorial konfigurasi beberapa aplikasi di dunia komputer maupun jaringan. Pada artikel ini saya akan menjelaskan lebih detai tentang Cara Membuat Berbagai Bentuk Soal di Google Form.


Melengkapi materi pada artikel sebelumnya tentang pengertian fungsi dan cara kerja google form, saya sudah janji akan menuliskan secara lebih detail tentang Bagaimana cara mengatur dan memilih jenis soal untuk kuesioner pada google form ?. Baiklah kita akan mulai secara bertahap untuk memahami pembuatan soal di google form.

Cara Membuat Soal di Google Form

Untuk dapat membuat soal tentunya anda harus membuat form terlebih dahulu silahkan klik disini untuk mulai dengan pembuatan form. Bila sudah mari kita membuat soal sesuai dengan rencana pada tabel fomurlir di bawah ini :

tabel input data kuesioner google form
Rencana nput data kuesioner google form


Dari tabel perencanaan di atas mungkin ada yang bertanya-tanya tentang, untuk apa deskripsi, validation dan required ?. Berikut saya jelaskan masing-masing fungsi dari fitur tersebut

Fungsi Description pada google form

Description berfungsi untuk memberikan penjelasan tentang pengisian sebuah input data, agar responden tidak melakukan kesalahan dan utamanya adalah untuk meminimalisir tingkat kesalahan.

Fungsi Validation pada google form

Validation pada setiap input data berbeda-beda, fungsi dari validation adalah untuk mencegah responden memasukan data yang salah, atau membatasi input data dll, sehingga validitas data terjaga.

Fungsi Required pada google form

Required adalah fungsi pengisian wajib yang harus dilakukan responden, bila data tidak diisi maka tidak bisa melanjutkan ke pengisian data yang laiinya. Biasanya diberikan terhadap data-data primer yang sangat dibutuhkan.


Baca juga artikel tentang :

Short Answer Google Form

Soal jenis short answer digunakan untuk jenis input data dengan isian yang pendek tidak lebih dari 60 karakter. Pada tabel di atas saya mencontohkan untuk mendapatkan data Nama Lengkap.

Diberikan deskripsi agar lebih jelas dalam pengisian, diberikan response validation agar responden tidak mengisi data yang salah, kemudian diaktifkan fitur Required yang artinya input itu wajib untuk diisi.

tipe soal short answer google form
Tipe soal short answer google form


Pada bagian Response Validation saya memilih 
Length - Minimum character count - 3 - Lengkapi nama anda
Artinya bahwa responden tidak diperbolehkan mengisi nama hanya 2 kata, karena biasanya nama lebih dari itu.


Multiple Choice Google Form

Soal jenis multiple choice digunakan untuk data berupa pilihan. Disini saya menerapkan pada mengisian data Jenis Kelamin dengan memberikan Required.

tipe soal multiple choice google form
Tipe soal multiple choice google form

Pada input data multiple choice terdapat fitur Go to section based on answer artinya ketika data tersebut dipilih, maka akan di arahkan menuju ke Section atau Submit form. (lihat pada gambar di bawah ini)

Go to section based on answer
Go to section based on answer


Date Google Form

Input data Date sering digunakan untuk mendapatkan tanggal kegiatan, tanggal surat, tanggal lahir dll, format tanggal mengacu ke format internasional yakni MM/DD/YY contoh 12/31/20. Pada kuesioner disini saya terapkan untuk Tanggal lahir.

tipe soal date google form
Tipe soal date google form


Paragraph Google Form

Input data tipe Pragraph digunakan untuk data yang besar, seperti contoh pada kuesioner ini saya terapkan untuk mendapatkan data Alamat.

tipe soal paragraph google form
Tipe soal paragraph google form


Dropdown Google Form

Pada kuesioner ini daya terapkan input data Dropdown untuk mengambil data ukuran baju, dropdown ini digunakan untuk data pilihan yang banyak, sehingga tidak akan menyita banyak rungan pada formulir yang dibuat.

tipe soal dropdown google form
Tipe soal dropdown google form


Checboxes Google Form

Input data checkboxes ini digunakan untuk memilih data lebih dari satu, seperti pada kuesioner ini saya terapkan untuk mendapatkan pilihat pelatihan yang akan diambil.

tipe soal checkboxes google form
Tipe soal checkboxes google form


Pada bagian Response Validation saya gunakan:
Select Exacly - 2 yang artinya responden diharuskan memilih 2 pilihan saja.


Linear Scale Google Form

Input data Linear Scale digunakan biasanya untuk mendapatkan sebuah nilai dari responden, disini saya terapkan untuk Penilaian Pra-Pelatihan. Responden diharuskan memilih rentang nilai dari 1 - 4.

tipe soal linear scale google form
Tipe soal linear scale google form


Multiple Choice Grid Google Form

Input data tipe Multiple Choice Grid memiliki tampilan serperti tabel, banyak digunakan untuk membuat penilaian atau kuesioner angket suatu kegiatan, pada kuesioner ini saya terapkan untuk mendapatkan Penilaian Aplikasi.

tipe soal Multiple Choice Grid google form
Tipe soal Multiple Choice Grid google form


Checkboxe Grid Google Form

Input data Checkboxe Grid memiliki tampilan seperti tabel dan banyak digunakan untuk pengisian data nilai lebih dari satu data. Disini saya terapkan untuk input data Pengerjaan Tugas dimana responden akan memilih jadwal pengerjaan sesuai dengan keinginan sendiri. 

tipe soal Checkboxe Grid google form
Tipe soal Checkboxe Grid google form


File Upload Google Form

Input data File Upload digunakan untuk mendapatkan file dari responden, bukan hanya file photo yah. Beberapa file yang bisa di ambil dari responden adalah sebagai berikut :
  1. Document
  2. Spreadsheet
  3. PDF
  4. Video
  5. Presentation
  6. Drawing
  7. Image
  8. Audio
Anda bisa menentukan maksimum file yang boleh di upload, dan menentukan maksimal ukuran file yang diperbolehkan. Agar responden tidak salah dalam memasukan data, gunakan deskripsi yang jelas.

tipe soal Upload Photo google form
Tipe soal Upload Photo google form



Demikian penjelasan tentang Cara Membuat Berbagai Bentuk Soal di Google Form, semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Bila terdapat hal-hal yang kurang dipahami, silahkan berkenan meninggalkan pesan pada kolom komentar yang telah disediakan.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar