--> Skip to main content

Cara Mudah Konfigurasi DNS Server Pada Cisco Packet Tracer

Cara Mudah Konfigurasi DNS Server Pada Cisco Packet Tracer


Kembali lagi bersama saya di buatkuingat.com, kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang Cara Mudah Konfigurasi DNS Server Pada Cisco Packet Tracer. Artikel ini sudah banyak dibahas pada web atau blog yang lain. Namun tidak ada salahnya bila saya mencoba untuk mengupas tuntas dengan judul yang sama. Sebelum ke praktik baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang DNS Server.

Apa itu DNS Server ?

DNS Server adalah layanan yang dapat di install pada sebuah server, yang berfungsi untuk merubah atau menterjemahkan alamat IP yang berupa angka, menjadi alamat domain dalam bentuk kata dan begitupun sebaliknya. 

Dari pengertian di atas tadi bisa diartikan bahwa, layanan DNS Server memberikan kemudahan kepada kita untuk bisa mengenali host atau komputer, cukup dengan sebuah kata, bila kita menghapal IP address, kemungkinan besar akan cepat lupa, namun dengan di ubah menjadi sebuah kata, maka kita akan bisa mudah mengingatnya.

Contoh :
Sebuah server memiliki alamat IP address 192.168.1.1, setiap hari kita berhubungan dengan server tersebut misal untuk melakukan pencetakan dokumen atau sekedar mengambil file. Pasti selalu harus menggunakan IP untuk melakukan pemanggilan. Nah!, bila server tersebut sudah di pasang layanan DNS Server misal dengan nama "buatkuingat.com", maka cukup dengan kata itu kita bisa terhubung, sekaligus mudah untuk mengingatnya kembali.


Baca juga artikel tentang :

Perumpamaan DNS Server

Hal lain sebagai perumpamaan DNS server adalah pada layanan kontak sebuah gawai atau gadged, pada kontak gawai pasti disertai dengan penamaan misal nomor HP sipulan : 081223456254, sebuah nomor tanpa nama kontak maka nomor tersebut tidak dikenali, sulit untuk mencari, bahkan kita tidak akan mudah untuk mengingatnya. Semoga dari perumpamaan tersebut anda bisa memahaminya.

Konfigurasi DNS Server di Packet Tracer.

Pada konfigurasi DNS server di Packet tracer adalah sebuah simulasi yang sederhana yang bisa dilakukan untuk memahami konsep dasar dari DNS server, packet tracer menyedikan device atau perangkat yang hampir sama dengan saat kita akan melakukan implementasi.

Untuk memudahkan dalam melakukan konfigurasi DNS Server di Packet Tracer. berikut topologinya :
Topologi DNS Server di Cisco Packet Tracer
Topologi DNS Server di Cisco Packet Tracer

Berikut adalah tabel penjelasan untuk masing-masing device/perangkat :

Pengaturan IP Address DNS Server
Pengaturan IP Address DNS Server


Tahapan dalam melakukan konfigruasi DNS server diantaranya sebagai berikut :

  1. Konfigurasi IP Server

Silahkan klik Server kemudian Klik Tab Dekstop pilih IP Configuration kemudian berikan IP address 192.168.1.1, Subnet Mask 255.255.255.0

IP Address DNS Server
IP Address DNS Server
 

  1. Konfigurasi DNS Server

Dilanjutkan untuk mengkonfigurasi DNS Server, silahkan klik Tab Service, pilih menu DNS di sebelah kiri, kemudian pada DNS service klik On. Masukan nama domain misal "www.buatkuingat.com". Masukan IP address server : 192.168.1.1 akhiri dengan mengklik Add.


Pengaturan DNS server
Pengaturan DNS Server

  1. Konfigurasi PC Klien. 

Tahapan pemberian IP pada PC klien dan pengecekan terhadap DNS server.

Silahkan klik PC Klien, Klik Tab Dekstop pilih IP Configuration, masukan IP address 192.168.1.2 DNS server : 192.168.1.1 

IP untuk PC Klien
IP untuk PC Klien

Bila sudah diberikan IP address, tahapan akhir adalah mengecek keterhubungan antara PC Klien dengan server, melalui perintah PING dengan IP dan PING dengan nam domain.

Silahkan klik Tab Command Prompt kemudian ketikan :
- ping 192.168.1.1
- ping www.buatkuingat.com
 
DNS server  berhasil, bila terlihat seperti gambar di bawah ini.
 
Hasil Pengecekan DNS Server dari PC Klien
Hasil Pengecekan DNS Server dari PC Klien


Demikian artikel tentang Cara Mudah Konfigurasi DNS Server Pada Cisco Packet Tracer, anda bisa mencoba dengan mudah dengan aplikasi tersebut, semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar