Skip to main content

Perbedaan Teknologi 3G dan 4G Pada Smartphone

Perbedaan Koneksi 3G dan 4G Pada Mobile Seluler


Hello sobat semua hari ini saya buat artikel dengan koneksi siput nih alias lemot bin lelet, tapi tidak mengapa semua akan indah pada waktunya. Hingga terpikir untuk menuliskan istilah teknologi dalam jaringan tanpa kabel yang biasa di konsumsi oleh smartphone. Teknologi tersebut kita ucapkan "Tege" dan "Foge" he...bahasa alai. Oke sobat saya pikir untuk mengetahui perbedaannya, sebaiknya kita pahami satu persatu dari teknologi tersebut.

Sejarah mula adanya 3G dan 4G adalah 1G dan 2G dulu sobat, 1G adalah generasi awal dari sebuah handphone pada era 80-an yang masih bener-bener jadul banget. Saat itu frekuensi yang digunakan adalah jenis Frekuensi Division Multiple Acces (FDMA), kemampuan dari 1G ini hanya dapat melayani suara saja yah, dan kelemahannya masih cukup banyak.

Dilanjut dengan 2G frekuensi yang digunakan adalah jenis Time Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access (CDMA), wuihh...udah mulai keren nih sobat. 2G ini bisa melayani SMS, Voice, dan transfer data pada kecepatan 9,6 Mbps saja. Masih terdapat kelemahan berupa rendahnya kecepatan dikarnakan jangkauan dari Base Transceiver Station (BTS) yang ada.

Nah, selanjutnya kita akan mulai membedah secara detail, tentang teknologi dari 3G dan 4G, agar sobat dapat melihat. Dimana letak perbedaannya ?.

Baca juga :


Teknologi 3G

Teknologi generasi ke-3 (3G Third Generation) diluncurkan oleh sebuah komunitas para ahli dan para pelaku bisnis yang mumpuni pada bidang teknologi wifi di dunia. Kelebihan dan kekurangan pada teknologi 3G adalah sebagai berikut :

Kelebihan Teknologi 3G

  1. Kecepatan transfer data : kecepatan yang dimiliki dari 144Kbps, 384Kbps dan 2Mbps.
  2. Kecepatan transfer suara : dengan kecepatan transfer data hingga 2Mbps, maka kualitas akan transfer suara pun menjadi lebih baik, karena menggunakan bandwith secara maksimum untuk dapat melakukan multiple cell layer dan co-existance and interconnection dengan satellite-base services.
  3. Fitur yang dapat digunakan : data broadband internet, video on demand, music on demand, games on demand, Video Conferensi dan Video Streaming
  4. Teknologi yang digunakan adalah Global System for Mobile (GSM)
  5. Jumlah Base Tranceiver Station (BTS) yang sudah cukup banyak

Kelemahan Teknologi 3G

  1. Masih memerlukan konsumsi daya yang lumayan, sehingga menjadikan baterai smartphone sobat cepat habis.
  2. Kecepatan transfer data masih belum maksimal untuk beberapa layanan multimedia seperti video confrence dan video streaming.

Perbedaan Teknologi 3G dan 4G Pada Smartphone

Teknologi 4G

Teknologi generasi ke-4 (4G Fourth Generation) pertama kalinya diuji coba oleh jepang, sebuah perusahaan ponsel NTT DoCoMo, memanfaatkan tenaga ahli dan para insinyur hingga 900 orang, untuk dapat mewujudkan teknologi ini. sering juga dikatakan 4GLTE (Long Term Evolution). Kelebihan dan kekurangan pada teknologi 3G adalah sebagai berikut :

Kelebihan Teknologi 4G


  1. Kecepatan transfer data hingga mencapai 100Mbps
  2. Layanan yang dapat digunakan adalah semua multimedia service termasuk Video Confrence dan Video Streaming
  3. Teknologi yang digunakan jenis Multi Input Multi Output-Orthogonal Frequency Modulation (MIMO-OFDM)
  4. Dengan teknologi MIMO-OFDM konsumsi daya baterai akan lebih hemat.

Kelemahan Teknologi 4G

  1. Base Transceiver Station (BTS) yang belum secara merata, sehingga belum dapat dirasakan oleh semua orang.
  2. Masih terdapat mobile celuller yang belum mendukung teknologi 4G

Perbedaa antara Teknologi 3G dan 4G

Dari uraian kelebihan dan kekurangan dari teknologi 3G dan 4G di atas, jelas terlihat kecepatan 4G bisa mencapai 50 kali lipat serta mengungguli dalam layanan video confrence dan video streaming, selain itu dengan teknologi MIMO-OFDM konsumsi daya 4G lebih kecil, namun 4G masih belum maksimal karena jumlah Base Transceiver Station (BTS) yang masih sedikit dan terdapat jenis Mobile Celuller yang belum mendukung teknologi 4G.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar