Pengertian Cluster, Track, Sector dan Record Pada Harddisk

Pengertian Cluster, Track, Sector dan Record Pada Harddisk


Jumpa lagi sobat bersama sama penulis amatir yang senantiasa mendokumentasikan setiap pengetahuan yang dimiliki untuk dapat bermanfaat untuk semua orang, khususnya bagi yang berkecimpung di dunia Teknologi Komputer dan Jaringan. Ini adalah artikel lanjutan yang sebelumnya telah di posting artikel tentang Pengertian Harddisk dan Teknologi Harddisk Terbaru.

Pastinya banyak yang masih bertanya-tanya pada bagian Cara kerja harddisk

Apa itu Cluster ?
Apa itu Track ?
Apa itu Sector ?


Nah, pada kesempatan ini saya coba menjelaskan platter (piringan), apa dan bagaimana sih dalam piringan tersebut. Mari simak gambar di bawah ini :

Pengertian Cluster, Track, Sector dan Record Pada Harddisk

Apa yang dimaksud dengan Cluster ?

Lihat gambar untuk huruf B, itulah bagian dari Cluster

Cluster adalah lintasan yang terdapat pada sector, kelipatan terkecil dari sebuah harddisk yang dapat digunakan untuk menyimpan data, atau merupakan lokasi penyimpanan terkecil dalam harddisk yang memiliki ukuran tergantung pada bersarnya harddisk.

Apa yang dimaksud dengan Track ?

Lihat gambar untuk huruf A itulah Track

Track adalah Lintasan pada harddisk atau bagian dari harddisk yang membentuk lingkaran konsentris

Apa yang dimaksud dengan Sector ?

Lihat gambar untuk huruf C dan D itulah Sector
Lebih tepatnya huruf C menunjukan Geometrical Sector sementara huruf  D adalah Track Sector

Sector adalah Jumlah lintasan yang terdapat pada sebuah track, dan sector adalah bagian dari track

Lalu apa yang dimaksud dengan Record ?

Record adalah data rekaman data yang tersimpan pada harddisk pada setiap bagian terkecil (Cluster).

Saya akan coba berikan ilustrasi dari ke 4 pengertian di atas :

Bila sobat melakukan pengerjaan di komputer yang akhirnya menghasilkan sebuah file dengan ukuran 100Mb, pasti file tersebut akan disimpan di sebuah cluster, dan apabila ukuran cluster pada harddisk adalah 150Mb sementara file 100Mb, maka akan tetap di akui sebagai ukuran 150Mb, dan file tersebut adalah sebuah Record. Begitu juga apabila sobat menyimpan file ukuran 125Mb, tetap menggunakan kapasitas harddisk sebesar 150Mb. 

Kenapa demikian ?
Karena kapasitas terkecil (Cluster) dari harddisk tersebut adalah 150Mb, dan perlu diketahui setiap harddisk memilki kapasitas cluster yang berbeda-beda, semakin besar harddisk, maka semakin besar kapasitas cluster. 

File dalam harddisk disimpan hanya dengan notasi magnet dan bilangan biner, angka 0 menunjukan bahwa file kosong alias tidak bermagnet, sementara 1 memiliki nilai dan menyimpan magnet dalam platter atau piringan harddisk. Jadi walaupun komputer mati atau tidak ada aliran listrik dalam waktu yang lama pun, file dalam harddisk tidak akan hilang, karena menggunakan magnet.

Kenapa ada file atau harddisk yang datanya hilang ?

Biasanya data atau file dalam harddisk hilang, biasa karena di hapus, di format, terkena virus atau harddisk rusak. Bila harddisk masih dalam kondisi baik, maka file dapat tetap terselamatkan, dengan cara melakukan recovery. Sehingga banyak orang buka jasa pengembalian file dari harddisk.

Mungkin itu saja penjelasan tentang Pengertian Cluster, Track, Sector dan Record. semoga bermanfaat. 



Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon