Keutamaan shalat tahajud sepertiga malam



Setiap muslim memiliki keinginan untuk mendapatkan keselamatan dari Allah SWT, khususnya keselamatan atas dunia dan akhirat. Dengan shalat tahajud seorang mukmin dapat lebih mendekatkan diri pada sang pencipta yaknik Allah SWT. Shalat tahajud merupakan ibadah sunnah mu'akad yaitu shalat sunnah yang sangat dianjurkan bagi semua kaum muslimin di dunia ini. Shalat tahajud ini lebih utama dilaksanakan pada 1/3 malam, ketika semua manusia tertidur saat itu, sementara muslim yang sholeh beribadah dengan khusu kepada Allah SWT. Shalat tahajud dilakukan paling sedikit adalah 2 rakaat, dan sebanyak-banyaknya tidak ada batasan.

Beberapa keutamaan dari shalat tahajud adalah sebagai berikut :
1. Sebagai penghapus dosa dan mencegah untuk berbuat dosa
2. Tanda takwa seorang muslim akan tampak pada wajahnya
3. Dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh
4. Dapat memperbesar rongga paru-paru sehingga tubuh semakin sehat
5. Shalat tahajud sebagai jaminan masuk surga
6. Memiliki pikiran yang lebih segar
7. Sebagai jalan untuk mendapat keringanan ktika dinasab di akhirat
8. Memperoleh cinta Allah SWT
9. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
10. Salah satu shalat yang paling utama setelah shalat fardu 5 waktu.

Berikut adalah doa yang dibacakan setelah shalat tahajut beserta artinya.

Artinya :
"Wahai allah, milikmulah segala puji, engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah penguasa raja langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji,  engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk  yang ada di dalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah yang hak benar janjimulah yang benar, pertemuan denganmu adalah benar, perkataanmu benar, surga itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, nabi muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar ada, wahai allah hanya kepadamulah aku berserah diri, hanya kepadamulah aku beriman, hanya kepadamulah aku bertawakkal, hanya kepadamulah aku kembali, hanya denganmulah kuhadapi musuhku, dan hanya kepadamulah aku berhukum, oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang mungkin akan ku lakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang terangan, dan dosa dosa lainnya yang engkau lebih mengetahuinya, dari pada aku, engkaulah yang maha terdahulu dan engkaulah yang maha terakhir, tak ada tuhan selain engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Demikian keutamaan shalat tahajud, semoga sobat muslim semua, dapat secara istiqomah dalam mengerjakannya. Aamiin.

Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon