--> Skip to main content

Fungsi dan Cara Memasukan Image, Video dan Section Google Form


Fungsi dan Cara Memasukan Image, Video dan Section Google Form

 
Kembali bersama saya di portal web tutorial buatkuingat.com. Kali ini saya masih melanjutkan artikel tentang Cara Menggunakan Google Form yang pada artikel sebelumnya, telah saya jelaskan kepada anda semua beberapa alat input pada Google form. Saat ini saya akan membahas tentang Fungsi dan Cara Memasukan Image, Video dan Section di Google Form.

Fungsi Image dan Video Google Form

Apa Fungsi Add Image dan Add Video pada Google Form ?

Pada Toolbar Google form terdapat tombol Add Image. apakah anda sudah mengetahui fungsi dari tombol tersebut ?. Pertanyaan ini cukup menggelitik hati saya untuk mencari tau dari beberapa artikel yang membahas Add Image Google Form. Berikut adalah toolbar yang terletak di sebelah kanan google form.
Toolbar Google Form
Toolbar Google Form

Fungsi dari Image Google Form adalah untuk memberikan informasi tentang kuisioner atau informasi pengisian form, dengan maksud agar responden dapat mengisi atau memilih data yang tepat. Ukuran image yang disarankan agar tidak pecah atau blur adalah 1600 x 400 pixel. Sementara.

Add Image Google Form
Add Image Google Form

Fungsi dari Video Google Form adalah untuk memberikan langkah-langkah dalam mengisi kuisioner kepada responden dalam bentuk gambar bergerak, fungsi image dan video sebenarnya sama-sama untuk memberikan informasi pada kuisioer agar mudah di mengerti oleh responden dalam melakukan pengisian atau pemilihan data. Berikut contoh Add Image dan Add Video pada Google Form yang sudah saya buat.

Add Video Google Form
Add Video Google Form

Fungsi Section Google Form

Apa Fungsi Section pada Google Form ?

Section pada google form adalah sebuah menu yang berfungsi untuk membagi form menjadi beberapa bagian yang terbagi menjadi section. Jumlah form yang banyak dapat dibagi menjadi beberapa tahapan pengisian agar kuisioner terlihat lebih mudah bagi responden. Berikut contoh gambar di bawah ini yang telah saya buat untuk section :

Section Google Form
Section Google Form

Cara Memasukan Image Video dan Section Google Form

Untuk langkah-langkahnya sangat mudah sekali :
  • Masuk ke Google Drive dengan menggunakan link https://drive.google.com 
  • Kemudian buka file form yang anda miliki
  • Klik tombol Add Image untuk memasukan image
Memasukan image ke google form
Memasukan image ke google form
  • Untuk video klik add video
  • Kemudian masukan alamat URL atau link video dari youtube
Memasukan video ke Google Form
Memasukan video ke Google Form
  • Kemudian untuk add section anda tinggal klik menu Section
  • Lanjut untuk mengatur penempatan form dengan cara di drag and drop
membuat section di  google form
Membuat section di  google form

drag and drop form
Drag and drop formAdd caption


Bila anda tidak jelas dengan panduan yang saya buat tentang Memasukan image, video dan pembuatan section. Silahkan untuk melihat video tutorial yang telah saya buat di bawah ini. Demikian artikel ini saya buat semoga bisa bermanfaat untuk anda semua, pengunjung setia kami di buatkuingat.com.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar